Selasa, 02 Juni 2009

Facebook, Sahabat 24 jam Netter Indonesia

Melihat perkembangan dunia online tak luput dari kejadian-kejadian yang tiap saat pasti berubah, entah itu karena teknologi dan keinginan manusia yang tiap saat juga berubah-ubah.

Seperti halnya situs yang sering dikunjungi, terutama oleh orang Indonesia, kira-kira situs apa yang sering dikunjungi oleh bangsa ini? Dan tentunya anda sudah mengiranya, FACEBOOK Sodara-Sodara !!!

Peningkatan yang sungguh signifikan akan pengguna layanan sosial network ini di Indonesia sangat luar biasa kencangnya, lihat perbandingan tabel berikut ini :
03/06/09 05/01/09

1. (6) Facebook
2. (2) Google.co.id
3. (1) Yahoo
4. (4) Google
5. (5) Blogger
6. (7) Youtube
7. (3) Friendster
8. (8) WordPress
9. (10) Detik
10. (9) Kaskus



1. Yahoo
2. Google.co.id
3. Friendster
4. Google
5. Blogger
6. Facebook
7. Youtube
8. WordPress
9. Kaskus
10. Detik

Data-data di atas diambil dari peringkat 10 besar Indonesia, situs yang memiliki traffik tinggi berdasarkan perhitungan alexa.com. Tabel sisi kiri diambil pukul 00.00 WIB tanggal 3 Juni 2009, Sedang tabel sisi kanan diambil pukul 21.00 WIB tanggal 5 Januari 2009 (berdasarkan arsip tulisan saya yang berjudul Perbandingan Negara ASEAN).

Yang bergeser cuman Yahoo mendahului Google.co.id, dan detik menggantikan posisi kaskus, Friendster yang terdepak dari peringkat 3 menjadi peringkat 7. Yang lain hanya ikut tergeser karena situs-situs yang tadi mengalami pergeseran.

Dan yang tentunya mencengangkan dan signifikan adalah FACEBOOK sodara-sodara, dari peringkat 6 menjadi peringkat ke 1. Dalam kurun 5 bulan menurut data saya sudah menjadi jawara, sedang sebenarnya facebook sudah dari kemaren-kemaren menjadi jawara, kurang dari 5 bulanlah. Emang Facebook sudah menjadi sahabat 24 jam buat para pecandu sosial networking.

Dan kayaknya saya harus mengubah pendapat saya di sini

Namun di Singapura dan Brunei, lebih kebarat-baratan lebih banyak menggunakan facebook, karena katanya Friendster banyak digunakan oleh orang Asia sedang facebook oleh orang Amerika-Eropa

Yang sebelumnya mengatakan bahwa Facebook itu lebih kebarat-baratan, sedang Friendster itu keAsia-asiaan. Harus dikoreksi ternyata Apapun itu media sosial networknya ketika itu menarik pasti akan digandrungi, yah sifat orang Asia atau Indonesia kali yah. Dari Bapak-bapak, ibu-ibu, eksekutif muda, artis, penyanyi, mahasiswa, tokoh2, remaja, sampai anak-anak SD sudah bisa menggunakan facebook baik sebagai sarana pertemanan atau sekedar bermain gamenya.

Pernah saya mengatakan ke teman-teman saya, Facebook itu menjadi bagian hidup para wanita yang biasanya ngerumpi, nah di Facebook ini dengan adanya fasilitas ngoment yang easy, sistem ajax yang digunakan, fasilitas chatting. Info dan kabar terbaru dari kawan-kawan bisa aja dijadikan bahan rumpian. Tak salah kiranya facebook menjadi sahabat ibu-ibu. Tapi bukan hanya itu, ternyata lelaki juga suka melakukan hal yang sama.

Sumber: asruldinazis.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar